LATIHAN 1 SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN



Nama : Muhammad Reza Andriansyah
NIM : 21/474241/SV/18883
Kelas : PEK 51

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan pembangunan?

Pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena dengan adanya sistem informasi ini dapat memudahkan proses pembangunan, seperti mengidentifikasi permasalahan dalam proses pembangunan, mengolah dan mendistribusikan informasi dengan lebih efisien.
Selain itu juga, sistem informasi ini dapat membantu memantau kemajuan pembangunan yang sedang dilakukan. Lalu dengan adanya sistem informasi dapat membantu membuat dokumentasi yang lengkap pada setiap tahap pembangunan, sehingga memudahkan dalam hal pelaporan/evaluasi dalam pembangunan.
Dengan adanya sistem informasi juga dapat meningkatkan transparansi, sehingga informasi mengenai pembangunan dapat diakses oleh masyarakat atau pihak-pihak lainnya, dan karena hal tersebut juga dapat meningkatkan akuntabilitas dalam proses pembangunan. Lalu dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu dalam hal koordinasi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembangunan, sehingga komunikasi antar pihak-pihak yang terlibat dapat berjalan dengan baik dan akhirnya pembangunan dapat sesuai dengan apa yang direncanakan.

Berikan contoh sistem informasi yang digunakan oleh suatu institusi!

SIPD

Contohnya adalah SIPD atau sistem informasi pembangunan daerah. SIPD ini adalah suatu sistem informasi yang digunakan oleh pemerintah/pemerintah daerah yang digunakan untuk menunjang pembangunan daerah. SIPD ini dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri dan juga dapat diakses di laman Kemendagri, untuk SIPD ini terdapat 2 yaitu sipd-ri.kemendagri.go.id dan sipd.go.id. Peraturan mengenai SIPD ini dapat dilihat di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah.
SIPD ini digunakan agar dalam melakukan proses pembangunan dapat sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, jadi dengan adanya SIPD ini agar informasi atau data dapat saling terhubung dan terintegrasi atau saling tersinkronisasi mulai dari pemerintahan pusat hingga pemerintahan daerah. Di dalam SIPD ini terdapat data mengenai informasi pembangunan mulai dari RPJPD, RPJMD/RPD, RKPD, Renstra PD, Renja PD, dan lainnya. Selain itu juga terdapat informasi mengenai keuangan dan indikator pada tiap-tiap tujuan, sasaran, program, kegiatan hingga sub kegiatan dalam perencanaan pembangunan. Misalnya saat akan memasukan data ke RPJMD maka data tersebut nantinya akan langsung terhubung ke Renstra, sehingga antara RPJMD dan Renstra dapat tersinkronisasi secara langsung. Jadi dengan adanya SIPD ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses perencanaan dan penganggaran, serta pengawasan dalam pelaksanaan perencanaan pemerintah/pemerintah daerah.


Kepribadian MBTI

INTJ-T

Menurut MBTI, tipe kepribadian saya adalah INTJ-T (Introverted, Intuitive, Thinking, and Judging) atau dapat dibilang “Arsitek”. Tipe kepribadiaan ini adalah orang yang imajinatif (memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan), waspada, sangat ingin tahu (penasaran), dan cukup terutup. Dalam melakukan suatu keputusan akan sesuatu, INTJ ini akan berpikir secara logis dan objektif. Selain itu juga dibandingkan emosional, INTJ lebih mengutamakan rasional.


TERIMAKASIH